Organisasi Membantu Disabilitas Berselancar di Kosta Rika

Organisasi Membantu Disabilitas Berselancar di Kosta Rika – Berselancar adalah pengalaman yang diklaim banyak peselancar sebagai penyembuhan, pembersihan, meditasi, spiritual, dan benar-benar membangkitkan kebahagiaan. Bagi mereka yang cacat fisik, gagasan untuk mengalami efek positif dari laut ini mungkin tampak rumit. Untungnya, ada program di seluruh dunia yang membantu membawa selancar kepada mereka yang mungkin tidak memiliki akses mudah sebaliknya. Cari tahu bagaimana organisasi di Kosta Rika ini menawarkan selancar kepada berbagai penyandang disabilitas.

Organisasi Membantu Disabilitas Berselancar di Kosta Rika

Apa itu selancar adaptif?

Selancar adaptif memodifikasi olahraga untuk mengakomodasi berbagai keterbatasan fisik. Modifikasi mungkin termasuk mengendarai ombak dalam posisi berlutut atau tengkurap, duduk di wakeski, atau berselancar dalam posisi tidak berdiri dengan bantuan dayung, dan variasi lainnya.

Terkadang ada modifikasi yang dilakukan pada papan selancar yang sebenarnya, sementara di lain waktu modifikasi tersebut bermanifestasi sebagai orang lain di dalam air yang membantu mendayung dan kebutuhan khusus lainnya. Berselancar adaptif dapat membantu mereka yang menjadi cacat fisik dan mereka yang lahir dengan cacat fisik.

Apa itu ISA, dan apa yang telah mereka lakukan untuk Adaptive Surfing?

International Surfing Association (ISA) didirikan pada tahun 1964 dan diakui sebagai World Governing Authority of Surfing. Ada 103 negara di lima benua yang merupakan bagian dari Federasi Nasional ISA. ISA telah mengambil “peran aktif dalam pengembangan dan kemajuan Adaptive Surfing untuk menciptakan platform global untuk akses universal ke olahraga dan memungkinkan Adaptive Surfers kesempatan untuk mencapai keunggulan olahraga dan menginspirasi orang lain.”

Meskipun ISA tidak memelopori selancar adaptif, mereka pasti membantu membawanya ke panggung global. Pada tahun 2015, ISA menyelenggarakan World Adaptive Surfing Championship (WASC) internasional pertama , yang menurut keanggotaan asosiasi dan manajer pengembangan Alex Reynolds adalah katalis untuk pertumbuhan Adaptive Surfing di seluruh dunia. WASC tahun lalu melibatkan 109 atlet dari 26 negara.

Reynolds menjelaskan bahwa salah satu tujuan utama dari ISA World Adaptive Surfing Championship adalah untuk “menyatukan upaya selancar adaptif di seluruh dunia dan menciptakan platform internasional bagi peselancar dengan disabilitas fisik untuk menampilkan bakat mereka dalam kompetisi.

Hasil utamanya adalah bahwa dalam banyak kasus peselancar adaptif di berbagai negara kemudian terhubung dengan Federasi Selancar Nasional mereka yang mengarah pada peningkatan pertumbuhan dan perkembangan olahraga dan lebih banyak peluang di tingkat nasional.”

Bagaimana Adaptive Surfing mencapai Kosta Rika?

Ismael Araya mulai menggunakan kursi roda setelah mengalami kecelakaan sepeda motor yang parah dan dirawat di rumah sakit. Gustavo Corrales membantu sahabatnya kembali ke laut, karena berselancarlah yang membantu Araya terhubung dengan dirinya sendiri. Strategi itu jelas efektif — tahun berikutnya, pada 2015, Federasi Selancar Kosta Rika mengirim Corrales dan Araya ke Kejuaraan Selancar Adaptif Dunia di California untuk mewakili Kosta Rika.

Araya juga diundang untuk berbicara di Simposium di La Jolla, California, di mana dia mengatakan kepada hadirin, “Saya berharap dapat membawa harapan.” Setelah mendengar kata-kata itu, Corrales mengalami urgensi yang tulus untuk bertindak dan memutuskan pada saat itu untuk membawa Adaptive Surfing ke Kosta Rika.

Corrales mengambil inspirasinya dan ikut mendirikan Asociación de Surf Adaptado de Costa Rica. Corrales dan Araya kembali ke California pada 2016 untuk WASC berikutnya dengan empat atlet lagi, dan sekali lagi tahun lalu dengan delapan atlet lagi, empat pelatih, dan empat asisten.

Apa itu Asociación de Surf Adaptado de Costa Rica?

Corrales menjelaskan bahwa Asociación de Surf Adaptado de Costa Rica “adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada inklusi, pemberdayaan, dan pengembangan integral penyandang disabilitas dalam selancar, yang berupaya mengembangkan olahraga ini dengan cara terapeutik, motivasi, rekreasional, dan suportif, mengembangkan struktur dan platform teknis untuk mempersiapkan atlet selancar adaptif berkinerja tinggi.

Bagi kami, tim ini dan semua yang akan datang sangat penting untuk memenuhi misi kami untuk membawa kualitas hidup bagi para penyandang disabilitas dan untuk mewakili negara kami dengan tim manusia yang hebat dan profesional yang berkualitas.”

Tim Kosta Rika Adaptive Surfing menggambarkan diri mereka sebagai sebuah keluarga dan menggunakan nama “Los Hijos de lo Impossible,” atau The Children of the Impossible. Keluarga ini termasuk peselancar tunanetra, beberapa peselancar kursi roda, lainnya dengan prosthetics, serta banyak lainnya dengan berbagai cacat fisik.

Mereka semua memiliki kecintaan yang sama terhadap selancar dan bersemangat untuk berkompetisi. Harapan Corrales untuk tim nasional Kosta Rika adalah “menjadi inspirasi bagi orang lain, mendorong peningkatan dan pertumbuhan diri, memperkuat tim, dan suatu hari memenangkan Kejuaraan Selancar Adaptif Dunia.”

Organisasi Membantu Disabilitas Berselancar di Kosta Rika

Berselancar dengan Asociación de Surf Adaptado de Costa Rica

Di luar kompetisi, Corrales dan timnya yang terdiri dari instruktur selancar yang berkualitas dan terlatih secara khusus menawarkan pelajaran, pelatihan, dan terapi selancar kepada setiap individu yang tertarik yang tinggal di atau mengunjungi Kosta Rika. Mereka saat ini sedang dalam proses menyelesaikan semua legalitas dan memformalkan protokol mereka sehingga mereka lebih mampu melayani masyarakat di Kosta Rika dan masyarakat internasional yang ingin berselancar selama di Kosta Rika.